Jumat, 14 September 2018

Tugas Makalah Bisnis Internasional



BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Didalam kehidupan manusia seringkali kita menggunakan teknologi untuk membantu atau menunhan aktifitas dan kegiatan kita sehari-hari. Dijaman sekarang ini penggunaan teknologi sangat dibutuhkan hampir semua orang dan kalangan. Teknologi-teknologi tersebut membantu kegiatan manusia seperti dalam hal bisnis internasional yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan usaha tersebut.

Penggunaan teknologi dalam bisnis internasional sangat berdampak pada keadaan yang serba maju ini, pada zaman sekarang ini sebuah perusahaan menggunakan teknologi untuk membuat perusahaan mereka tetap bejalan lancar dan mengalami peningkatan daripada yang masih belum menggunakan teknologi zaman kini. Teknologi juga dapat menghasilkan hasil yang berbeda daipada yang tidak menggunakannya, sebagai contoh dalam perikanan, yang menggunakan teknologi lebih canggih akan mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal.

Dari  pembahasan diatas,  dapat  disimpulkan  bahwa  Teknologi sangat dibutuhkan dan perlukan khususnya dalam bisnis internasional yang skalanya sudah melakukan perdagangan bebas antar negara dan bisnis-bisnis lainnya.



1.2              RumusanMasalah

1.   Apa itu Teknologi?

2.   Apa pengaruh teknologi dalam bisnisInternasional?

3.   Apa dampak teknologi dalam bisnisInternasional?

4.   Apa peranan teknologi dalam bisnis Internasional?







1.3 Tujuan

Mengetahuiperanan,fungsi dan dampak dari teknologi dalam bisnis internasional



1.4 Manfaat

Mahasiswadapatmemahamiapa saja yang diperlukan terhadap teknologi dalam bisnis internasional.



BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Bisnis Internasional dan Teknologi

            Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain. Dalam hal perdagangan internasional yang merupakan transaksi antar Negara itu biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor.

            Teknologi adalah manifestasi dari imajinasi manusia tentang sebuah dunia yang lebih baik. Melalui teknologi manusia membangun masa depan kebudayaan dan kehidupan mereka. Perkembangan teknologi tidak saja ditentukan oleh nilai-nilai budaya yang ada, tetapi ia justru dapat membentuk budaya-budaya baru: budaya media, budaya informasi atau budaya virtual (Pilliang, 2013).

2.2 Pengaruh Teknologi Informasi Dalam BisnisInternasional

            Teknologi Informasi (TI) berperan sebagai sarana transaksi dua elemen  bisnis  online,  yaitu  dalam  memberikan  fasilitas  media  berupa internet. Web yang disediakan sebagai tempat konsumen memilih barang- barang yang inginkan, kemudian pada transaksi ini pun dibutuhkan teknologi lain untuk mendukung bisnis online tersebut. yaitu dibutuhkan teknologi komunikasi telepon (sebagai media komunikasi), bank (media pembayaran konsumen dengan produsen), agen pengiriman seperti Pos Indonesia. Hal- hal tersebut merupakan teknologi yang berperan dan berpengaruh dalam perkembangan bisnis online. Kemudahan-kemudahan dan fasilitas yang disediakan akibat peranan dan pengaruh TI ini membuat bisnis online lebih disukai karena lebih efisien, hemat dan lebih cepat yang dirasakan baik oleh produsen dan konsumen (Utami, 2010).

            Menurut (Utami, 2010). Berikut Pengaruh dan Peranan Informasi Teknologi dalam Kegiatan Bisnis :

a.Teknologi informasi merupakan satu dari sekian banyak hal yang

dibutuhkan dalam perkembangan bisnis di dunia tanpa terkecuali Indonesia, bahkan kita dapat menyebutnya sebagai faktor pokok bagi perkembangan dunia  bisnis  saat  ini.  Di  mana-mana  sudah  menggunakan  TI  dalam memproses kegiatan bisnisnya. Hal itu jelas saja karena TI memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan bisnisnya.

b.Alasan perusahaan menerapkan TI dalam perusahaannya adalah agar semakin dekat dengan konsumen karena kemampuan TI untuk mendekatkan jarak dan waktu sehingga semakin mendekatkan produk perusahaan kepada konsumen. Hal ini membuat bisnis di Indonesia semakin berkembang. Kita bisa membayangkan perusahaan yang tidak menerapkan TI hanya akan menunggu hari di mana perusahaan tersebut bangkrut.

c.Berbisnis dengan menerapkan teknologi informasi membuat peluang pasar terbuka lebih luas. Berbisnis lewat internet akan mempermudah mempromosikan produk,  mencari  konsumen,  pelanggan.  Terdapat  faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis yaitu: kompleksitas bisnis yang semakin meningkat yang dipengaruhi oleh pengaruh ekonomi internasional, kompetisi bisnis global, pekembangan dan pertumbuhan TI, pendayagunaan waktu, pertimbangan sosial dan kapasitas teknologi informasi yang dipengaruhi oleh: kapasitas pelayanan kebutuhan informasi, kapasitas interaksi dalam jaringan komputer, kapasitas kecepatan akses data.

d.Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisinis online di antaranya adalah TI    yang    dapat     memudahkan    penyebaran    informasi    mampumengembangkan bisnis online ke berbagai wilayah di dunia. seperti e- commerce yang digunakan oleh perusahaan penjual buku, musik, video, permainan dan barang elektronik.

            Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis online di internet. Dengan banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem. Bisnis online tadinya sangat rentan dengan penyadapan kartu kredit yang menyebabkan ketidaktertarikan konsumen terhadap bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan sistem, maka kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.

            Bisnis online banyak digemari karena fleksibilitasnya. Seseorang tidak harus  berada  di  tokonya untuk  menunggu pelanggan, namun dengan komputer  dan  konektivitasnya  sudah  dapat  menjual  produknya  ke seluruh negara. Pembeli pun tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena  dengan hanya  membeli secara  online, barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.  Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau akibat kemajuan

TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online.

2.3 Dampak Teknologi dalam bisnis Internasional

            Suatu perkembangan teknologi dapat memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Namun, di sisi lain juga memiliki dampak dalam kehidupan manusia. Terutama kaitannya di bidang pemasaran yang terjadi dalam proses jual beli di suatu perusahaan atau badan usaha untuk mempromosikan produknya. Dampak dari teknologi di bidang pemasaran dapat berupa dampak positif atau yang membawa kemajuan, tetapi juga dapat berupa dampak negatif atau yang membuat kemunduran.

            Salah satu dampak positif dari teknologi dalam kehidupan manusia, terutama di bidang pemasaran yakni proses penyampaian informasi secara cepat. Jika zaman dulu, dalam memasarkan produk harus menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan baru tersampaikan. Tetapi, pada zaman sekarang ini, dengan kemajuan teknologi informasi para penjual maupun pembeli tidak perlu menunggu lama-lama untuk dapat melihat produk. Karena dapat diakses melalui sebuah jaringan internet maupun situs – situs terkait (Yurdiman, 2011).

Menurut (Yurdiman, 2011)Ada 2 Dampak Teknologi dalam bisnis Internasional yaitu dampak Positif dan negatif.

a.Dampak positif yang lain dari perkembangan teknologi adalah proses transaksi yang dapat berlangsung secara cepat. Tidak perlu antri lama – lama di kmtor pos untuk mengirim maupun mengambil uang. Adanya fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah salah satu sarana penunjang dalam sebuah kelancaran pemasaran barang dan jasa. Pengenalan produk barang dan jasa suatu perusahaan maupun badan usaha melalui media periklanan, baik itu media elektronik maupun media cetak. Seperti televisi, pemasangan iklan lewat internet yang saat ini banyak beredar. Dan media cetak seperti koran, majalah, buletin. Merupakan bukti adanya dampak yang berpengaruh baik atau positif bagi teknologi yakni dibidang pemasaran. Perkembangan teknologi yang terus berkembang membuat massyarakat dalam menjalankan kehidupannya menjadi semakin maju dan tidak gagap teknologi. Artinya dapat mengikuti perubahan zaman yang terjadi yang ditandai dengan adanya perubahan dan pengembangan teknologi yang berproses secara bertahap.

b.Dampak negatif atau dampak yang kurang baik bagi teknologi dibidang pemasaran salah satunya adalah adanya kesenjangan sosial. Dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar, karena perkembangan teknologi berkaitan erat dengan stratifikasi sosial. Dalam hal ini surplus ekonomi dalam kaitannya dengan pemasaran dianggap berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian maka, penetapan teknologi rendah maupun teknologi tinggi sangat berdampak terhadap kesenjangan sosial.

    Dampak negatif yang lainnya adalah dibidang sosial ekonomi teknologi.  Dalam hal ini, teknologi mungkin memiliki wajah yang revolusioner. Meskipun banyak pendapat mengenai peran teknologi dalam masyarakat, namun satu hal yang pokok bahwa teknologi merupakan salah satu faktor yang dapat mengubah tatanan suatu masyarakat sehingga memiliki wajah yang lain sama sekali. Dikatakan demikian karena dulu ketika ditemukan teknologi peleburan besicangkul, dan baju, lahirlah revolusi pertama dalam sejarah manusia, yaitu pertanian. Dan ketika mesin uap ditemukan dan kemudian menjadi motor penggerak mesin-mesin di pabrik, lagi-lagi teknologi menjadi salah satu faktor terjadinya revolusi industri.

            Sedangkan menurut (Diastrianida, 2014) adalah sama dengan pernyataan diatas bahwa dampak bisnis internasional terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Dampak positif

a. Munculnya model bisnis baru yang biasa disebut dengan e-business dan e-commerce

b. Banyaknya minat dari berbagai perusahaan untuk memperluas cakupan bisnisnya di dunia maya. Memunculkan lapangan kerja baru, yaitu jasa pembuatan wesite dan layanan hosting.

c. Adanya kemudahan dalam memulai sebuah bisnis (wira usaha) dengan munculnya forum-forum jual beli dan media pertemanan. Karena promosi menjadi lebih murah. Dan jaringan marketing lebih luas bahkan sampai luar negeri.

2. Dampak negatif

a. Dengan berlakunya sistem uang online ( ATM, Kartu Kredit, dll) memunculkan modus baru dalam pembobolan rekening nasabah Bank.

b. Berhubung teknologi internet harus selalu didukung dengan listrik, jika sewaktu-waktu listrik padam, memungkinkan terjadinya miss-transaksi yang berpotensi merugikan nasabah dan Bank sendiri.

c. Dari segi keamanan, data bank yang telah berkomputerisasi sangat rentan sekali terhadap tindakan peretasan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.



2.4Peranan Teknologi Terhadap Bisnis Internasional

            Teknologi informasi memiliki banyak peranan dalam membantu manusia dan memecahkan masalah. Diantaranya membantu manusia dalam : meningkatkan produktivitas, meningkatkan efektivitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan mutu, meningkatkan kreativitas, Problem solving (pemecahan masalah) (Sudiartono, 2011).

            Menurut (Sudiartono, 2011)Selain peranan yang telah disebutkan diatas, sistem Informasi secara umum mempunyai beberapa peranan dalam perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

1. Minimize risk

     Setiap bisnis memiliki risiko, terutama berkaitan dengan factorfaktor keuangan. Pada umumnya risiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lain yang berada diluar control perusahaan. Saat ini berbagai jenis aplikasi telah tersedia untuk mengurangi risiko-risiko yang kerap dihadapi oleh bisnis seperti forecasting, financial advisory, planning expert dan lain-lain. Kehadiran teknologi informasi selain harus mampu membantu perusahaan mengurangi risiko bisnis yang ada, perlu pula menjadi sarana untuk membantu manajemen dalam mengelola risiko yang dihadapi.

2. Reduce costs

         Peranan teknologi informasi sebagai katalisator dalam berbagai usaha pengurangan biaya-biaya operasional perusahaan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut biasanya ada empat cara yang ditawarkan teknologi informasi untuk mengurangi biaya-biaya kegiatan operasional yaitu:

· Eleminasi proses

Implementasi berbagai komponen teknologi informasi akan mampu menghilangkan atau mengeliminasi proses-proses yang dirasa tidak perlu. Contoh call center untuk menggantikan fungsi layanan pelanggan dalam menghadapi keluhan pelanggan.

· Simplifikasi proses

Berbagai proses yang panjang dan berbelit-belit (birokratis) biasanya dapat disederhanakan dengan mengimplementasikan berbagai komponen teknologi informasi. Contoh order dapat dilakukan melalui situs perusahaan tanpa perlu datang ke bagian pelayanan order.

· Integrasi proses

Teknologi informasi juga mampu melakukan pengintegrasian beberapa proses menjadi satu sehingga terasa lebih cepat dan praktis (secara langsung akan meningkatkan kepuasan pelanggan juga).

· Otomatisasi proses

Mengubah proses manual menjadi otomatis merupakan tawaran klasik dari teknologi informasi.

3. Add Value

         Peranan selanjutnya dari teknologi informasi adalah untuk menciptakan value bagi pelanggan perusahaan. Tujuan akhir dari penciptaan value tidak sekedar untuk memuaskan pelanggan, tetapi lebih jauh lagi untuk menciptakan loyalitas sehingga pelanggan tersebut bersedia selalu menjadi konsumennya untuk jangka panjang.

4. Create new realities

         Perkembangan teknologi informasi terakhir yang ditandai dengan pesatnya teknologi internet telah mampu menciptakan suatu arena bersaing baru bagi perusahaan, yaitu di dunia maya. Berbagai konsep e-business semacan e-commerce, e-procurement, e-customer, e-loyalty, dan lain-lainnya pada dasarnya merupakan cara pandang baru dalam menanggapi mekanisme bisnis di era globalisasi informasi.



BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

            Teknologi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk meningkatkan kinerja atau kegiatan suatu perusahaan, Dengan adanya teknologi suatu perusahaan dapat berkembang dan sangat bermanfaat terhadap kegiatan perdagangan internasional dalam bisnis internasional. .

3.2 Saran

            Kedepannya untuk perusahaan yang ingin melakukan kegiatan bisnis internasional antar negara ada baiknya menggunakan teknologi yang sudah maju.



DAFTAR PUSTAKA

Diasrianida. 2014. PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP DUNIABISNIS.[online],(https://diastrianida.wordpress.com/2014/10/11/pengaruh-teknologi-informasi-terhadap-dunia-bisnis/, diakses tanggal 18 Oktober 2017 ).

Pilliang, Yasraf Amir. 2013. BUDAYA TEKNOLOGI DI INDONESIA: KENDALA DAN PELUANG MASA DEPAN. Edisi 28. Tahun 12.



Sudiartono.2011.BisnisInternasional.[online],(http://ferdiansudiartono.blogspot.co.id/2011/09/jelaskan-peranan-teknologi-terhadap.html, diakses tanggal 18 Oktober 2017 ).



Utami, Setyaningsih Sri. 2010. Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Bisnis. Surakarta: Universitas Slamet Riyardi. Fakultas Ekonomi.



Yurdiman, Febri. 2011. Bisnis Internasional. [online], (http://ebbyezzy.blogspot.co.id/2011/09/pengaruh-teknologi-terhadap-bisnis.html, diakses tanggal 18 Oktober 2017 ).


=========================================================================
Pengen langsung download? langsung aja KESINI
dan DAPUSnya KLIK DISINI and Bonus kalau mau copy Covernya juga >>> Klik

Semoga Bermanfaat :)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 
banner

Delivered by FeedBurner