Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,Kali ini saya akan membagikan "Tugas-Analisis SWOT" yang saya punya. Langsung baca aja dibawah atau download Linknya ada dibawah.
LATAR BELAKANG
Perkembangan bisnis usaha makanan
merupakan salah satu bisnis yang sangat diminati oleh masyarakat, karena
makanan sebagai kebutuhan untuk kelangsungan hidup yang akan terus dicari.
Apalagi makanan yang akan kita sajikan adalah makanan yang sehat dan diminati
banyak orang. Warung sambel yang ingin kami dirikan ini mempunyai banyak
kekuatan yang mungkin dapat di jadikan usaha yang cukup maksimal diantaranya
tempat yang sangat strategis, makanan yang mensepesialkan sambel sebagai menu
utama dengan cukup banyak penggemarnya.
Warung Sambel selain dengan aneka
sambel juga dilengkapi dengan lauk pauk yang berprotein. Kebersihan juga
menjadi salah satu hal terpenting dalam warung kami, karena menurut kami
kebersihan sebagian dari iman dan menyehatkan. Warung yang menyajikan beraneka
macam sambal dan lauk yang berprotein merupakan sasaran bagi pelajar, mahasiswa
dan masyarakat pecinta sambal. Khususnya Kota Yogyakarta yang digandrungi oleh
banyak pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah baik luar kota maupun luar pulau.
KONSEP BISNIS
-
Rencana Bisnis
Dalam
perencanaan konsep bisnis Istana sambel dalam sistem produksinya cabe dibeli
dari petani cabe, kualitas yang baik menjadi salah satu pilihan kami dengan
didukung harga dan jarak tempuh yang murah dan mudah. Untuk lauk pauk kami
peroleh dari peternak atau petani yang berkualitas baik.
Proses
pembuatan menu dan cara penyajian yang bersih dan menarik menjadi andalan di
Istana sambel kami. Begitu juga dengan harga yang sangat terjangkau dapat
meringankan para pembeli khususnya pelajar dan mahasiswa. Untuk pemasaran
sendiri kita melakukan berbagai iklan seperti panflet, poster,dan menggunakan
cara tradisional yaitu dari mulut ke mulut atau orang ke orang. Begitu juga di
lengkapi dengan promo harga murah untuk menarik para konsumen yang datang ke
istana sambel yang kita miliki. Usaha ini juga akan mengalami perkembangan
dengan membuka cabang-cabang di berbagai daerah.
ANALYSIS SWOT
· Strength (Kekuatan bisnis/konsep bisnis)
o Mempunyai
ciri khas menu yang berbeda dengan warung makan yang lainnya yaitu special
sambel yang menggugah selera makan.
o Tempatnya
strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk di kunjungi
o Rasanya
sangat mantap
o Harganya
cukup murah ,terjangkau, Pelayanan memuaskan, rapi dan bersih serta panas.
· Weaknesses (Kelemahan)
o Tidak
cocok buat orang yang tidak suka cabai intinya untuk orang tertentu saja
o Cabangnya
kurang banyak
· Opportunities (Peluang)
o Di gemari
nak muda dan orang-orang yang suka dengan sambel
o Tempat
untuk mengespresikan diri atau menghilangkan BT
o Ciri khas
menu yaitu sambel menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
o Cabang
yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
· Threats (Ancaman)
o Banyak
saingan diluar sana
o Harga yang
naik atau tidak stabil bisa membinggungkan pengusaha ss untuk menentukan harga.
o Cabang
warung yang belum menyebar di berbagai daerah khususnya jogjakarta.
Sekian dan Terimakasih, Semoga bermanfaat :)